PENYULUHAN & SCREENING PENYAKIT KUSTA

       
        Satu-satunya sumber penularan penyakit kusta saat ini hanya melalui manusia, kuman kusta banyak ditemukan di mukosa hidung manusia.
       Salah satu upaya pemutusan mata rantai penularan penyakit kusta dapat melalui: pengobatan MDT (Multidrug Therapy) dan pencegahan primodial yaitu upaya pencegahan pada orang-orang yang belum memiliki faktor resiko penyakit kusta melalui kegiatan penyuluhan. 
       Untuk meningkatkan pengetahuan anak didik sekolah, maka UPTD Puskesmas Bangkalan dalam hal ini Program Pencegahan & pengendalian Penyakit (P3) Kusta bekerja sama dengan UPTD SDN Kramat 02 Desa Kramat Kecamatan Bangkalan, mengadakan kegiatan "Penyuluhan dan Screening Penyakit Kusta" yang diadakan tadi pagi Hari Kamis, Tanggal 21 Maret 2019"
       Dalam sambutannya Kepala UPTD SDN Kramat 02 Bpk. R. Budi Kurjanto, S.Pd. menyatakan, kegiatan ini sangat penting dan bermanfaat bagi anak didik untuk dapat mengenal dan mencegah penularan terjadinya penyakit Kusta" ujarnya, kedepan, diharap kegiatan serupa dapat diagendakan kembali.

       Kegiatan penyuluhan dan Screening Kusta dilaksanakan langsung oleh Slamet Fitriady S, S.Kep., Ns. (Programer P3 Kusta) dibantu oleh Alfiyah, A.Md.Kep. (Perawat Ponkesdes di Desa Kramat)



       Dari kegiatan Screening didapatkan bahwa sebanyak 55 Siswa SDN Kramat 02 tidak ditemukan tanda atau gejala penyakit Kusta (Difa2000)
       


Dokumen Lengkap kegiatan Penyuluhan & Screening Kusta di UPTD SDN Kramat 02, dapat di lihat dan diunduh di link berikut : 

 DOC. FOTO SCREENING KUSTA SDN KRAMAT 02




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kegiatan ICF di Kelurahan Kraton Bangkalan (20/10/2020)

PECAH,..... !!!! PELAKSANAAN ICF DAN KEMOPROFILAKSIS DI KRAMAT